Thursday, March 28, 2013

IBD "Apa Sebab Manusia Menciptakan Keindahan"

Keau kenyatindahan pada awalnya merupakan sesuatu yang alamiah dan diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Alamiah artinya wajar, tidak berlebihan dan tidak juga kurang. Pengungkapan keindahan dalam karya seni disadari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasu itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat.

Berikut motivasi seniman menciptakan keindahan :
a) Tata nilai yang telah usang
Tata nilai yang terjelma dalam adat istiadat ada yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan, sehingga dirasakan sebagai hambatan yang merugikan dan mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan, misalnya kawin paksa, derajat wanita lebih rendah dari pada laki-laki

b) Kemerosotan zaman
Keadaan yang merendahkan derajad  dan nilai-nilai kemanusiaan ditandai dengan kemerosotan moral. Kemerosotan moral dapat diketahui dari tingkah laku dan perbuatan manusia yang bejad terutama dari kebutuhan seksual. Kebutuhan seksual ini dilakukan tanpa melihat moral-moral agama yang terkandung dalam hukum agama dan moral masyarakat.

c) Penderitaan manusia
Banyak faktor yang membuat manusia menderita, teapi yang paling menentukan adalah faktor manusia itu sendiri. Manusialah yang membuat orang menderita sebagai akibat nafsu ingin berkuasa, serakah tidak hati2 dan sebagainya.

d) Keagungan tuhan
Keagungan tuhan dapat dibuktikan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian2 alam. Keindahan alam merupakan mutlak ciptaan tuhan. Manusia hanya dapat meniru saja keindahan ciptaan tuhan.

No comments:

Post a Comment