Tuesday, March 19, 2013

IBD "Pendekatan Kesustraan"


IDB pada zaman dahulu dimanakan Basic Humanities yang berasal dari bahasa inggris the humanities. Istilah ini berasa dari bahasa latin yaitu humanus yang artinya manusiawi, berbudaya, dan halus. Dengang mempelajari ini manusia akan menjadi lebih manusiawi dan tentunya peduli terhadap sesama manusia  tanpa mengenal suku, ras , dan kebudayaan.

Manusi  harus memepelajari the humanities untuk menjadi homanus. Apa yang dimasukan kedalam humanities masih dapat diperdebatkan dan kadang-kadang disesuaikan dengan keadaan dan waktu. Pada pokoknya semua mempelajari masalah manusia dan budaya. Karena itu ada yang menterjemahkan the humanities menjadi ilmu-ilmu kemanusiaan dan ada juga yang menterjemahkannya menjadi ilmu budaya.

Seni memegang peranan yang sangat penting, karena nilai-nilai yang disampaikan dalam seni narmatif. Karena seni adalah ekspresi yang sifatnya tidak normative, seni lebih mudah berkomunikasi. Karena tidak formatif, nilai-nilai yang disampaikan lebih fleksibel baik isinya maupun cara menyampaikannya. Hamper disetiap zaman satra mempunyai oernana yang penting dalam kehidupan. Alasannya karena sastra bersangkut paut dengan bahasa. Sementara itu bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hamper semua kegiatan manusia.

Dalam usaha untuk memahami alam semesta yang kemudian melahirka ilmu pengetahuan, manusia mempergunakan bahasa. Karena bahasa sangat berpengaruh sekali terhadap komunikasi dan dengan komunikasi itulah kita dapat mengenal dunia. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi karena pada hakekatnya karya satra adalah penjabaran abstraksi. Cabang-cabang seni lainnya pada hakekatnya juga abstrak.

IBD adalah salah satu mata kuliah yang diberikan dalam satu semester. IBD tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu biddang keahlian yang termasuk kedalam ilmu budaya. Akan tetapi IBDsebagai salah satu usaha menegmbangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemapuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya.  Orientasi the humanies adalah ilmu yang mempelajari satu atau sebagian disiplin ilmu yang tercakup dalam the humanities manusia diharapkan menjadi gomo humanus yang lebih baik.




No comments:

Post a Comment