Tuesday, March 26, 2013

IBD "Kasih Sayang"

Pengian dari kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta, percintaan pria-wanita bila diakhiri dengan perkawinan maka didalam berumah tangga keluarga itu bukan lagi bercinta-cintaan tetapi sudah bersifat mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut untuk tangung jawab, pengorbanan, kejujuruan, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, seingga kuduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang itu hilang maka retaklah keutuhan rumah tangga tersebut. Yang dapat merasakan kasih sayang bukan hanya suami istri ataupun anak- anak, melainkan bayi yang masih merahpun dapat merasakn kasih sayang dari ayah dan ibunya. Kasih sayang merupakan dasar komunikasi dari suatu kasih sayang.

Adanya kasih sayang ini mempengaruhi kehidupan si anak dalam masyarakat. Orang tua dalam memberikan kasih sayang bermacam-macam demikian pula sebaliknya, dari cara pemberian kasih sayang dapat dibedakan :
1) Orang tua aktif, si anak pasif
Dalam hal ini orang tua memberikan kasih sayang terhadap anaknya baik dalam moral materil dengan sebanyak-sebanyaknya, dan sianak menerima saja tanpa memberikan respon

2) Orang tua pasif, si anak pasif
Dalam hal ini si anak memberikan kasih sayang yang berlebihan kepada orangtuanya, kasih sayang ini diberikan secara sepihak, orang tua mendiamkan saja tingkah laku si anak tidak memberikan perhatian apapun.

3) Orang tua pasif, si anak pasif
Disini jelas bahwa masing-masing membawa hidupnya sendir-sendiri, tanpa saling memperhatikan. Kehiduan keluarga sangan dingin tidak ada kasih sayang masing-masing membawa caranya sendiri, tidak ada tegur sapa bila tidak perlu dan orang tua hanya memberikan materi saja.

4) Orang tua aktif, si anak aktif
Dalam hal ini orangtua dan anak saling memberikan kasih sayang dengan sebanyak-benayknya. Sehingga hubungan antara orangtua dan anak sangat baik dan harmonis, kasih sayang ini sangat nampak sekali dan smembuat suasana dalam keluarga menjadi terasa nyaman, tentram, terasa kehidupan dan terjalin komunikasi yang baik antara si anak dan orang tua.

No comments:

Post a Comment