Tuesday, March 19, 2013

IBD "Nilai-nilai Dalam Prosa Dan Fiksi"


Sebagai seni yang bertulang punggung cerita mau atau tidak mau karya sastra langsung atau tidak langsung membawakan moral, pesan atau cerita. Dengan perkataan lain prosa mempunyai nilai-nilai yang diperoleh lewat pembaca sastra. Adapun nilai-nilai pembaca lewat sastra antara lain :

1.       Prosa fiksi memberikan kesenangan
Keistimewaan yang diperoleh dari  fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman bagaimana bagaimana mengalami nya sendiri pristiwa tiu. Pembaca dapat mengembangkan imajinasinya untuk mengenal daerah atau tempat yang asing yang belum dikunjunginya atau mungkin tak akan bisa terkunjungi.

2.       Prosa fiksi memberikann informasi
Fiksi memberikan sejenis informasi yang  tidak terdapat didalam ensiklopedi. Dalam novel sering kita dapat belajar sesuatu yang lebih dari pada sejarah ataupun laporan jurnalistik tentang kehidupan masa kini. 

3.       Prosa fiksi memberikan warisan cultural
Prosa fiksi dapat menstimulasi imajinasi, dan merupakan sarana bagi pemnindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya. Contoh : novel siti nurbaya, salah asuhan, sengsara membawa nikmat

4.       Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Lewat prosa fiksi seseorang menilai kehidupan berdasarkan pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga mungkin lebih banyak kesempatan untuk memilih respn-respon emosional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda dari pada apa yang disajikan dalam kehiduoan sendiri. Adanya semacam kaidah kemungkinan yang tidak mungkin dalamfiksi inilah yang memungkinkan pembaca untuk dapat memperluas persepsi dan wawasan tentang tokoh dan kehidupan manusia. 

Berkenaan dengan moral karya sastra dapat dibgi menjadi 2 : karya sastra yang menyuarakan aspirasi jamannya dan karya sastra yang menyuarakan gejolak jamannya.
Karya sastra yang menyuarakan aspirasi jamannya mengajak pembaca untuk mengikitui apa yang dikehendaki jamannya.  Sementara karya sastra yang menyuarak aspirasi gejolak jamannya tidak bisa mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu akan tetapi untuk renungan.                                                    




No comments:

Post a Comment