Sunday, January 12, 2014

Moral Pancasila

Pancasila itu adalah pedoman bagi setiap bangsa indonesia untuk mencapai cita-cita masyarakat yang adil dan makmur. Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan dihuni oleh masyarakat yang beraneka ragam (Agama, budaya, suku dan ras). Keanegargaman ini merupakan suatu kekayaan dan kekuatan bangsa. Bangsa yang memiliki keberagaman harus memiliki suatu unsur yang dapat merekat dan mempersatukan keberagaman tersebut. Di Indonesia (negara kita tercinta) unsur tersebut adalah kepercayaan akan adanya tuhan (KETUHANAN).


Masyarakat yang mengakui dan menyakini adanya Tuhan akan menghormati perbedaan/keragaman karena hal itu terjadi atas kehendak dari Tuhan. Ketika kita sudah mampu menghargai sesama manusia maka kita akan menjadi manusia yang beradab dan hal ini akan membawa kita kedalam persatuan 

Namun kita lihat kondisi kita pada saat sekarang ini isu sara masih terdengar dimana-mana dan masih terdapat pembenaran atas hal tersebut, tawuran masih marak dengan dasar perbedaan agama, ras, suku maupun budaya. Dari hal ini dapat kita nilai sudahkah kita menjadikan PANCASILA sebagai pedoman moral kita?


Pengertian Nilai Moral Pancasila
Nilai adalah sifat, keadaan atau kualitas dari sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik lahir maupun batin. menilai berarti menimbang yaitu, kegiatan manusia yang menghubungkan sesuatu dengan sesuatu, untuk selanjutnya mengambil keputusan.

Sedangkan moral adalah Moral (Bahasa Latin Moralitas) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. moral juga dapat diartikan sebagai sikap,perilaku,tindakan,kelakuan yang dilakukan seseorang pada saat mencoba melakukan sesuatu berdasarkan pengalaman, tafsiran, suara hati, serta nasihat, dll.
 
Nilai moral merupakan sistem nilai utama antara nilai-nilai yang ada dalam diri manusia dengan nilai-nilai yang ditemukan dalam sebuah era atau bangsa. Nilai moral ini adalah nilai yang menjadikan manusia berharga, baik, dan bermutu sebagai manusia. Nilai moral untuk masyarakat tertentu meliputi nilai yang memajukan manusia, antara lain internasionalisme dan kerjasama antarbangsa.

Sedangkan pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.



No comments:

Post a Comment