Multimedia
adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi)
berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video,
interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu
menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia
itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan
katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan
sesuatu.
Media
merupakan salah isu penting dalam proses pembelajaran. Media juga merupakan
pranala utama dalam menjembatani pebelajar dengan pusat serta sumber belajar.
Media seringkali menjadi sandaran utama dalam proses pembelajaran konvensional.
Dimana dalam proses pembelajaran konvensional, strategi pembelajaran langsung
berpusat pada seorang guru didepan siswa dimana guru ini menjadi sumber dan
sekaligus menjadi pusat dalam pembelajaran.
Namun
perkembangan yang kita alami untuk saat ini dan mungkin juga dimasa mendatang,
selalu dihadapkan pada perubahan dengan rotasi yang sangat cepat. Perkembangan
Teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan perubahan pada segala lini
kehidupan. Lebih-lebih di sektor Pendidikan (pembelajaran). Pengaruh teknologi
ini telah menyasar pada perubahan insfrastruktur (jaringan) yang melahirkan pembelajaran
berbasis jaringan. Kemajuan piranti keras dan lunak telah juga melahirkan
pengaruh yang siginifikan pada perubahan conten dan program mapping sehingga
saat ini kerap kita dengar dengan isitlah e-learning, online learning, long
Distance learning,
Revolusi
ke empat berpengaruh sangat besar pada dunia pendidikan kita saat ini dan
kedepan. Sehingga pendapat ekstrim telah muncul dalam fase yang mengindikasikan
pendidikan masa depan masyarakat tanpa sekolah. Hal ini didasari oleh asumsi
semua pesan dapat disajikan melalui teknologi multimedia yang pada dasarnya
mencakup multimedia content dan multimedia broadcasting. Pemikiran itu juga
menyuarakan bahwa kegiatan proses belajar – mengajar tidak mungkin mengabaikan
media.
Oleh
karena itu, maka apresiasi tentang media dalam pembelajaran sangat perlu
diketahui lebih awal sebelum proses desain, perancangan , produksi dan
evaluasi. Sebelum memahami apa itu multimedia maka pembahasan diawali dengan
penyajian konsep dan pengertian media secara umum sebagal landasan dalam
memahami istilah multimedia yang tentunya berbeda dengan istilah multi media.
Yang terakhir kata multimedia dipisahkan, sehingga pengertian multi media
dengan multimedia dapat dibedakan dengan jelas.
Perangkat (Hardware) yang mendukung terciptanya multimedia :
Kamera Digital
Kamera
digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan
melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang
hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital. Karena
hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah
menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat
membaca media simpan digital tersebut. Kemudahan dari kamera digital adalah
hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan, kemudahan
memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan
ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.
Proyektor
Proyektor
merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau
data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar
seperti tembok, dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang lebih modern dan
merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya dengan fungsi sama
yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya masih berupa tulisan
pada kertas bening. Proyektor LCD biasanya digunakan untuk menampilkan gambar
pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi
home theater.
Untuk menampilkan gambar, proyektor
LCD mengirim cahaya dari lampu halide
logam yang diteruskan ke dalam
prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu
komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video. Proyektor LCD berisi
panel cermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua
pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat
perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat
atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini
yang bisa membentuk gambar.
Printer
Printer
adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung kekomputer dan
mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilanlainnya dari
komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal padaresolusi
printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah
titikdalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin
baguscetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil
cetakanakan buruk / tidak bagus.
Headset
Headset
adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan
untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau
komputer, misalnya untukVoIP. Teknologi headset sudah merambah ke dunia.
USB Flash Drive
Penggerak
kilat USB atau kandar kilas USB (bahasa Inggris: USB flash drive) adalah alat
penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang
terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa
dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia
untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabit. Besarnya
kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan. Penggerak
kilat USB memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya,
khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan
kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki
bagian yang bergerak) daripada disket.
Namun
Penggerak kilat USB juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya
ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh
memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras
yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek
terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.
Scaner
Suatu
bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan
lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam
komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada
kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
• pemindai gambar
• pemindai barcode
• pemindai sinar-X
• pemindai cek
• pemindai logam
• pemindai Optical Mark Reader (OMR)
• pemindai 3 Dimensi
Selain
perangkat hardware yang dapat menunjang pemanfaatan dari multimedia, tentunya
terdapat software yang sangat membantu kinerja dari hardware untuk menampilkan
sebagus dan semenarik mungkin agar memudahkan para pengguna menggunakan
perangkat tersebut, software yang membantu untuk memudahkan pengguna antara
lain :
Media
Player
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar informasi yang
telah disimpan dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi ini merupakan
aplikasi yang dapat dengan langsung untuk memutar file bentuk audio ataupun
video tersebut.
Graphic/Image
Viewer
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk melihat sebuah view dari
gambar / image yang telah disimpan pada sebuah direktori. Aplikasi ini dapat
digunakan untuk membaca file gambar yang saat ini telah banyak terdukung
seperti : bmp (windows bitmap), jpeg / jpg (Image Terkompresi), gif (CompServ),
png (Portable Network Graphic).
Animasi
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk membuat, mengedit ataupun
untuk memanipulasi animasi secara interaktif pada sistem komputer. Animasi
adalah gambar bergerak ataupun video dengan konten gambar yang fiktif seperti
kartun dan gambar tidak rill.
Bahasa
Pemograman
Merupakan
media (bahasa-bahasa) yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan
kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya
bahasa pemrograman multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
–
Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
Dapat
digunakan untuk membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun
Nemesis)
–
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)
Sumber:
No comments:
Post a Comment