Wednesday, May 8, 2013

IBD "Manusia Dan Kegelisahan"


A.  PENGERTIAN   KEGELISAHAN


Kegelisahanberasal dari kata gelisah,yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir,  tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan  hal  yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak.-gerikitu umumnya lain dari biasanya, misalnya  beIjalan  mundar-mandir  dalam  ruang tertentu  sambil  menundukkan  kepala; memandang jauh ke depan sambil mengepal-ngepalkantangannya; duduk termenung sambil memegang kepalanya; duduk dengan wajah murung atau sayu, malas bicara; dan  lain-lain.

Kegelisahanmerupakan salah sam ekspresidari kecemasan.Karena ito dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan, kekawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, behwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tecapai.
Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat,bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (obyektit), kecemasan neorotik dan kecemasan moril.

(a). Kecemasan  obyektif
Kecemasan  ten tang kenyataan  adalah  suatu  pengalaman  perasaan  sebagai  akibat pengamatan  atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap kcadaan dalam lingkungan   seseorang  yang  mengancam   untuk  meneelakakannya.   Pengalaman   bahaya dan timbulnya kecemasan mungkin dari sifat pembawaan, dalam arti kata, bahwa seseorang mewarisi  kecenderungan  untuk menjadi  takut kalau ia berada dekat  dengan benda-benda tertentu  atau keadaan  tertentu  dari lingkungannya.


(b). Kecemasan  neorotis  (syarat)
Kecemasan  ini timbul karena  pengamatan  tentang bahaya  dari naluriah.  Menurut
Sigmund  Freud,  keeemasan  ini dibagi  tiga maeam,  yakni  :
 
(1)  Kecemasan   yang  timbul  karena  penyesuaian  diri dcngan  lingkungan.   Keecmasan timbul  karena  orang  itu  takut  akan  bayangannya   scndiri,  atau  takut  akan  id-nya sendiri,  sehingga  menekan  dan  menguasai  ego.  Keecmasan   scmaeam  ini menjadi sifat dari  seseorang  yang geli sah , yang selalu  mengira  bahwa  seseuatu  yang  hebat akan  terjadi


(2)   Bentuk  ketakutan  yang tegang  dan  irrasional  (phobia).  Bentuk  khusus  dari phobia adalah,  bahwa  intensitet  ketakutan  melebihi  proporsi  yang  sebenamya   dan  obyek

yang  ditakutkannya.   Misalnya  seorang  gadis  takut memegang  benda  yang  terbuat dari  karet.  Ia tidak mengetahui  sebab ketakutan  tersebut,  setelah  dianalisis;  ketika masih  kecil dulu ia sering diberi balon karet oleh ayahnya.  satu untuk dia dan satu untuk  adiknya.  Dalam  suatu pertengkaran  ia memecahkan  balon adiknya,  sehingga ia mendapat   hukuman  yang  keras  dari  ayahnya.  Hukuman  yang  didapatnya   dan perasaan  bersalah  menjadi  terhubung  dengan  balon  karet.


(3)   Rasa  takut  lain  ialah  rasa  gugup,  gagap  dan  sebagainya.  Reaksi  ini  munculnnya secara tiba-tiba  tanpa ada provokasi  yang tegas. Reaksi gugup ini adalah perbuatan meredakan   diri  yang  bertujuan   untuk  membebaskan   seseorang   dari  kecemasan neorotis yang sangat menyakitkan  dengan jalan melakukan  sesuatu yang dikehendaki oleh  id meskipun  ego dan  superego  melarangnya.

 
(c).  kecemasan    moril
Kecemasan moril disebabkan karena pribadi seseorang.Tiap  pribadi memiliki bermacam-macam   emosi  antara lain:  iri, bend.  dendam,  dengki,  marah,  gelisah,  cinta, rasa kurang.

B.  SEBAB-SEBAB ORANG GELISAH

Apabila  kita  kaji,  sebab-sebab  orang  gelisah  adalah  karena  pada  hakekatnya   orang takut  kehilangan  hak-haknya.  Hal itu adalah  akibat dari suatu ancaman,  baik ancaman  dari luar  maupun  dari  dalam.


c. USAHA-USAHA MENGATASI KEGELISAHAN

Mengatasi  kegelisahan  ini pertama-tama  harus  mulai  dari diri  kna scndiri,  yaitu  kita harus  bersikap  tenang.  Dcngan  sikap  tenang  kita  dapat  berpikir  tcnang,  sehingga   segala kesulitan  dapat  kita atasi.

Contoh
Dokter  yang menghadapi  istri dan anaknya  yang scdang  sakit, justru  tidak dapat merasa tenang, karena ada ancaman terhadap haknya. Dokter tidak dapat berbuat  apa-apa bila  menghadapi   keJuarganya  yang  sakit,  karena  ia  mcrasa  khawatir.   Dalam  hal  ini dokter  itu harus  bersikap  seperti   mcnghadapi  pasien  yang  bukan  kcluarganya.
Cara lain yang mungkin juga  baik untuk digunakan  dalam  mengatasi  kegclisahan atau kecemasan  yaitu dengan memerlukan  scdikit pemikiran; pertama-tarna,  kita tanyakan kepada diri kita sendiri (introspeksi).  akibat yang paling buruk yang bagaimanakah   yang akan kita tanggung  atau yang akan terjadi, mcngapa hal itu terjadi, apa penyebabnya  dan sebagainya. Apabila kita dapat menganalisa akibat yang akan ditimbulkan  olch kecernasan tersebut  dan  bila kita  tidak dapat  mengatasinya,  kita dapat  mempersiapkan   diri  untuk menghadapinya.   karena  tidak  semua  pengalaman   di  dunia  ini  menyenangkan.    Yang kedua  kita  bersedia  menerima   akibatnya  dengan  rasa  tabah  dan  senang  hati  niscaya kecemasan  tersebut  akan sima dalam jiwa kita. Dan yang ketiga, dengan  bersama-sama berjalannya      waktu    kita   dapat   mencoba    untuk   memperkecil      dan   mengurangi keburukan-keburukan    akibat  timbulnya  kecernasan,  dengan  dcmikian   kita  akan  tidak merasakan  lagi adanya  krasa  kecemasan  / kegelisahan  dalam jiwa  IOta.
Untuk  mengatasi  kegelisahan  yang paling  ampuh  kita memasrahkan   diri kepada Tuhan.  Kita  pasrahkan  nasib  kita  sepenuhnya  kepada-Nya,   kita  harus  percaya  bahwa Tuhanlah  Maha  Kuasa.  Maha Pengasih,  Maha penyayang  dan  Maha  Pengampun.


No comments:

Post a Comment